Wednesday, May 15, 2013

Setiap Kebaikan Itu Sedekah


                Bagaimanakah sedekah menurut cara pandang anda? Pada saat ini kebanyakan orang memahami sedekah harus berbentuk materi. Cara pandang sempit seperti ini harus segera diluruskan. Cara pandang sempit juga pernah terjadi di zaman Rasulullah Saw.
                Shahih Muslim 1674: Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad bin Asma` Adl Dluba'i Telah menceritakan kepada kami Mahdi bin Maimun Telah menceritakan kepada kami Washil maula Abu Uyainah, dari Yahya bin Uqail dari Yahya bin Ya'mar dari Abul Aswad Ad Dili dari Abu Dzar bahwa beberapa orang dari sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya
kepada beliau,
"Wahai Rosulullah, orang-orang kaya dapat memperoleh pahala yang lebih banyak. Mereka shalat seperti kami shalat,
puasa seperti kami puasa dan bersedekah dengan sisa harta mereka." Maka beliau pun bersabda: "Bukankah Allah telah menjadikan berbagai macam cara kepada kalian untuk bersedekah? Setiap kalimat tasbih adalah sedekah, setiap kalimat takbir adalah sedekah, setiap kalimat tahmid adalah sedekah, setiap kalimat tahlil adalah sedekah, amar ma'ruf nahi munkar adalah sedekah, bahkan pada kemaluan seorang dari kalian pun terdapat sedekah." Mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, jika salah seorang diantara kami menyalurkan nafsu syahwatnya, apakah akan mendapatkan pahala?" beliau menjawab: "Bagaimana sekiranya kalian meletakkannya pada sesuatu yang haram, bukankah kalian berdosa? Begitu pun sebaliknya, bila kalian meletakkannya pada tempat yang halal, maka kalian akan mendapatkan pahala."
                Mudah-mudahan dengan adanya kisah di atas dapat meluruskan pemahaman yang keliru dan sempit terkait makna berbagi atau sedekah. Mungkin yang selama ini beberapa orang menganggap bahwa sedekah haruslah berbentuk materi. Padahal, sejatinya sedekah tidaklah selalu berbentuk materi. Bahkan, memberikan ketenangan kepada orang lain, menyumbangkan tenaga atau pikiran kepada mereka yang membutuhkan pun termasuk sedekah.
                Menanam pohon juga termasuk sedekah. Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menanam pohon, seperti menyuburkan alam, mengurangi pemanasan global, menyerap air hujan, dan penyedia oksigen. Manfaatnya bisa kita nikmati bersama banyak orang.
                Shahih Bukhari 5562: Telah menceritakan kepada kami Ali bin 'Ayasy telah menceritakan kepada kami Abu Ghassan dia berkata; telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Al Munkadir dari Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhuma dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Setiap perbuatan baik adalah sedekah."
                Tindakan untuk bersedekah itu banyak caranya. Kita semua bisa bersedekah, siapapun dan apapun profesi kita.
                Wallahu A'lam Bishawab

Referensi:
- Shahih Bukhari
- Shahih Muslim
- Buku : Ternyata Balasan Memberikan Pijaman Lebih Besar Daripada Sedekah
  Penulis : Usin S. Artyasa

No comments:

Post a Comment