Sunday, May 12, 2013

Silsilah keturunan Nabi Muhammad SAW



Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam yang juga dikenal sebagai khalilullah, merupakan kakek buyut dari Nabi Muhammad SAW., yang mengikuti jejak nabi Ibrahim dalam keimanan dan seruan kepada tauhid.
Anaknya Ismail dan isterinya Hajar, tinggall dibukit sekitar Mekkah bersama dengan suku dari Yaman, Jurhum. Di Mekkah lah, nabi Ibrahim dan nabi Ismail membangun kabah, untuk memenuhi perintah Allah SWT. dan menyeru manusia untuk berziarah kesana. Nabi Ismail mempunyai 12 anak dari pernikahannya dengan anak perempuan Mudad(kepala suku Jurhum),
yaitu Nabet, Qidar, Edbael, Mebsham, Mishma, Duma, Micha, Hudud, Yetma, Yetour, Nafis, dan Qidman, yang akhirnya membentuk 12 suku yang mendiami Mekkah dan berdagang diantara Yaman, Syam, dan Mesir.

Kedua belas suku tersebut pada akhirnya tersebar sepanjang semenanjung, bahkan terkadang di luar batas wilayahnya. Namun suku-suku tersebut akhirnya meninggal kecuali keturunan Nabet dan Qidar.
Nabetean (keturunan Nabet) mengembangkan peradaban di wilayah utara Hijaz, menjadikan Petra (Yordania) sebagai ibukotanya samapi kaum romawi datang dan menaklukkan kerajaan mereka. Keturunan Qidar tinggal di Mekkah dan semakin berkembang terutama ‘Adnan dan anaknya Maad yang menjadi nenek moyang suku Adnanian. Adnan adalah kakek keduapuluh satu dalam silsilah nenek moyang Rasulullah SAW. Nizar, putra satu-satunya Maad, mempunyai empat anak yang akhirnya membentuk 4 suku utama, yaitu Eyad, Anmar, Rabia dan Mudar. Suku Mudar terbagi menjadi dua: Qais ‘Alian bin Mudar dan Elias bin Mudar. Diantara keturunan Elias bin Mudar adalah Tamim bin Murra, Hudhail bin Mudrika, Banu Asad bin Khuzaimah dan Kinana bin Khuzaimah, yang menjadi nenk moyang bangsa Quraisy dari silsilah Fahr bin Malik bin An-Nadr bin Kinana.
Quraisy tebagi menadi berbagai suku, yang paling terkenal adalah Jumah, Sahm, ‘Adl, Makhzum, Tayim, Zahra, dan tiga cabang dari Qusai bin Kilab: ‘Abd Al Dar bin Qusai, Asad bin ‘Abdul ‘Uzza bin Qusai, dan ‘Abdul Manaf bin Qusai.
Abdul Manaf terbagi menjadi empat suku: ‘Abd Shams, Nawfal, Mutthalib, dan Hasyim. Dari keturunan Hasyim Allah SWT. memilih Nabi dan Rasul terakhir, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim SAW.

No comments:

Post a Comment